Saturday, May 8, 2010

Diet Sehat dengan "Aroma Anti Lapar "

Ketika seseorang merasa sudah kenyang, maka rasa laparnyapun sudah dapat terpuaskan. Dan tahukah anda kalau telah ditemukan Aroma anti-lapar yang ternyata bisa membantu diet anda dan memerangi epidemi kegemukan yang melanda dunia.

Setiap orang sadar bahwa ada aroma yang bisa membangkitkan selera, dan juga bau yang membuat kita mual dan hilang selera. Tapi tahukah Anda, ada pula molekul dalam aroma makanan yang bisa memicu bagian tertentu dari otak sehingga merasa kenyang.

Aroma yang membantu meredakan rasa lapar itu adalah aroma yang yang naik dari mulut ke rongga di balik hidung ketika seseorang sedang mengunyah makanan.



**Variasi temuan**

Aroma, rasa, dan tekstur tertentu bisa membuat kita merasa kenyang. Beberapa fakta yang ditemukan antara lain:

* Makanan padat yang harus dikunyah dan ditelan, dan dengan begitu menghasilkan aroma yang tertinggal lama, terbukti lebih mengenyangkan daripada makanan yang cair.

* Aroma yang berkaitan dengan lemak, karbohidrat, atau protein, bisa menambah rasa kenyang, mungkin karena aroma-aroma ini menandakan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung energi tinggi.

* Aroma yang lebih rumit, dengan banyak komponen, lebih mengenyangkan daripada yang monoton. Aroma yang rumit bisa membuat otak kita merasa bahwa kita telah mengkonsumsi banyak jenis makanan, dan menyimpulkan bahwa porsinya pastilah besar.

* Ukuran sampel makanan juga berpengaruh, karena sampel dalam potongan kecil memperlama timbulnya efek akibat aroma.

Dalam percobaan, para peneliti dapat mengubah-ubah tingkat kekenyangan yang ditimbulkan dari berbagai makanan. Contohnya, membuat suatu minuman yang beraroma kuat seperti makanan padat bisa meningkatkan rasa kenyang.

0 komentar:

Post a Comment

- Cadex | My Blox