Friday, May 7, 2010

"BB" Membuat Nyamuk Tertarik pada Darah Kita .

Kenapa ya si nyamuk suka mengerubungi tubuh dan pakaian kita? Tenang, pakar kimia ekologi Walter Leal telah meneliti apakah manusia menghasilkan semacam bau yang mengundang nyamuk. Dalam penelitian dengan para koleganya, mereka menemukan zat yang dicari-cari yakni nonanal. Zat yang dihasilkan manusia dan burung-burung yang mengeluarkan aroma yang mengundang nyamuk Culex.



Walter Leal awalnya melakukan percobaan pada dirinya sendiri. "Aku mengukur kadar pada diriku sendiri," kata Leal. Rekannya menempelkan alat seperti suntikan pada kulitnya, lalu dibungkus dengan aluminium foil agar terisolasi. Setelah sejam, ujung suntikan itu dimasukkan ke suatu alat untuk mengukur kadar nonanal.

Hasilnya, tubuh Walter menghasilkan cukup banyak nonanal, dan ia merasa telah melepaskan 20 nanogram (nonanal) per jam. Dan hal itu termasuk tinggi. Hal ini menunjukan bahwa zat nanonal telah membentuk bau badan manusia, dan menjadi salah satu faktor yang membuat nyamuk sangat tertarik pada darah manusia.

1 komentar:

Rofiel said...

Semua memang akan selalu berhubungan, sekecil apapun itu. Karena itu merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan Sang Pencipta.
Ya.. mudah2an aja hubungan manusia dan nyamuk dapat berjalan lebih baik dan seimbang. Amin.
Hehe,,

Post a Comment

- Cadex | My Blox